Manfaat Bermitra Bag. 1

Saat ini gerai kemitraan menjamur dan berkembang sangat pesat, baik di kota besar maupun kota kecil. Di sisi lain, minat masyarakat untuk menggunakan sistem kemitraan sebagai sarana investasi juga tidak kalah hebat. Berikut adalah beberapa manfaat berbisnis kemitraan menurut buku Cara Aman Memulai Bisnis, Karangan Bije Widjajanto.

1. Terbukti menguntungkan

Setiap investor tentu berharap modal yang ditanam kembali dalam jangka waktu tertentu mendapatkan keuntungan. Adapun syarat sebuah bisnis layak di-mitra-kan adalah, bisnis itu harus menguntungkan atau sudah membukukan laba selama periode waktu tertentu.

Membangun gerai mitra sendiri berarti membangun bisnis dengan model dan format yang sudah terbukti mampu menghasilkan keuntungan. Dengan demikian, peluang bisnis berhasil akan jauh lebih tinggi.

2. Sistem operasi bisnis efektif

Salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis adalah adanya sistem operasional. Apabila sistem operasionalnya baik, bisnis dapat berjalan dengan baik. Demikian pula sebaliknya. Sayangnya, sistem operasi bisnis merupakan sekumpulan prosedur, alur kerja, arus informasi, dan tata administrasi sebuah perusahaan yang bisa dibentuk secara instan. Perlu perjalanan yang panjang, perbaikan, perubahan, penambahan, seiring berjalannya waktu.

Dalam bisnis kemitraan, efektivitas sistem ini mutlak diperlukan. Apabila sistem bisnis tidak efektif, maka dapat dipastikan akan terjadi banyak masalah ketika partner bermitra menjalankan gerai usahanya. Pada Pemberi mitra yang sistem operasi bisnisnya sudah terbukti efektif, semua Partner bermitra dapat mengoptimalkan organisasinya. Pasalnya, mereka sudah bisa menjalankan tugas-tugas operasional rutinnya dengan baik dan masalah-masalah operasional dapat ditekan pada tingkat minimal.

3. Brand awareness lebih tinggi

Bisnis bisa lebih mudah berjalan apabila produk atau jasa yang ditawarkan sudah dikenal oleh target pasar yang dituju. Identitas produk yang dikenal oleh pasar inilah yang disebut dengan brand. Saat produk yang memiliki brand awareness ditawarkan pada pasar, pasar sudah mengetahui fungsi dan manfaatnya.

Dalam kemitraan, brand awareness produk relatif sudah lebih tinggi karena pada tempat lain, sudah berjalan gerai kemitraan atau prototipenya dalam waktu yang cukup. Dengan brand awareness yang tinggi, sebuah bisnis kemitraan dapat memangkas waktu dan biaya yang diperlukan untuk membuat produk-produknya dikenal masyarakat.

Bersambung ke bag. 2

Dikutip dari: intisari.grid.id/